Pemkab Boalemo Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

Pemkab Boalemo Gelar Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah

Tilamuta, MediaCenter – Pemerintah Kabupaten Boalemo melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Barang Milik Daerah Kabupaten Boalemo Tahun Anggaran 2022, Selasa (25/10/2022) di Hotel Peninsula Manado.

Kegiatan tersebut dibuka Penjabat Bupati Boalemo Hendriwan, yang dihadiri Ketua DPRD Boalemo Karyawan Eka Putra Noho, Wakil Ketua Muslimin Haruna dan Anggota DPRD Boalemo, Sekda Boalemo serta sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Boalemo.

Pj. Bupati Hendriwan menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut guna untuk mempercepat pemahaman dan penyamaan persepsi, dalam mekanisme teknis penatausahaan dan pelaporan pertanggungjawaban aset daerah pada masing-masing SKPD.

“Perlu kami sampaikan bahwa yang dimaksud dengan aset barang milik daerah adalah semua kekayaan daerah, baik yang dibeli atau diperoleh atas beban anggaran pendapatan dan belanja daerah, maupun yang berasal dari perolehan yang sah,” kata Pj. Bupati Hendriwan.

Kata Pj. Bupati, siklus pengelolaan barang milik daerah merupakan rangkaian kegiatan dan atau tindakan yang meliputi diantaranya perencanaan kebutuhan, penganggaran, pengadaan, penerimaan, penyimpanan, penyaluran, penggunaan, penatausahaan, hingga tuntutan ganti rugi,” kata Pj. Bupati.

“Pelaksanaan Bimtek ini kita tidak hanya diberikan materi tentang bagaimana mengelola barang milik daerah pada masing-masing SKPD, namun juga kita mencoba untuk menerapkan sistem aplikasi E-BMD,” tutur Pj. Bupati Hendriwan. (HLapasau)

Bagikan Postingan: